Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti Simple Past Tense dan Kegunaannya

A. Pengertian Simple Past Tense



Simple past tense adalah bentuk waktu yang digunakan untuk mengekspresikan kejadian atau tindakan yang terjadi di masa lalu dan sudah selesai. Bentuk kata kerja dalam simple past tense biasanya diakhiri dengan "-ed" untuk kata kerja reguler, atau menggunakan kata kerja tak beraturan (irregular verbs) yang harus dihafal bentuk-bentuknya. Contoh sederhana dari simple past tense adalah:

- I ate fried chicken yesterday (Saya makan ayam goreng kemarin)

- He played tennis a week ago (Dia bermain tenis minggu lalu)

- They watched movie last night (Mereka menonton film tadi malam)


B. Beberapa aturan penting dalam simple past tense:

1. Untuk kata kerja reguler, tambahkan "-ed" pada kata kerja untuk semua subjek. Contoh: "I walked to the store."

2. Untuk kata kerja tak beraturan, bentuk kata kerja dalam simple past tense harus dihafal. Contoh: "I ate breakfast at 7am."

3. Bentuk negatif dari simple past tense menggunakan kata kerja bantu "did not" (didn't) diikuti dengan kata kerja infinitif. Contoh: "I didn't go to the party last night."

4. Bentuk pertanyaan dari simple past tense menggunakan kata kerja bantu "did" di awal kalimat, dan diikuti dengan subjek dan kata kerja infinitif. Contoh: "Did you watch the movie last night?"

Simple past tense digunakan untuk mengekspresikan kejadian atau tindakan yang terjadi di masa lalu dan sudah selesai. Oleh karena itu, penting untuk menguasai bentuk waktu ini sebagai dasar dari pembelajaran bahasa Inggris yang lebih lanjut.

Nurhikma
Nurhikma Blogger pemula yang tertarik dengan dunia blogging

Posting Komentar untuk "Arti Simple Past Tense dan Kegunaannya"